Kades Banggae Pacu Pembangunan Desa

Takalar, Jurnalsepernas-Keberhasilan seorang Kepala Desa (Kades) tercermin dalam geliatnya memacu pembangunan desanya yang betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Sebab dia sadar bahwa, mendapat kursi kepala desa karena dipilih oleh rakyat maka, sepatutlah amanah yang dipercayakan rakyat tersebut, harus dia aplikasikan dengan pembangunan yang bermanfaat bagi rakyat pula.

Untuk menakar sebuah keberhasilan pemangku desa, bukan saja dilihat dari monumental pembangunan fisik semata, akan tetapi nonfisik pun harus terakomodir dalam frame (bingkai) tatanan dalam mengelola sebuah desa.

Sebutlah salah satu Kades yang ada di republik ini yang giat merajut pembangunan desanya dengan semangat kekompakan ialah Muhammad Saleh Tata, S.Sos, Kades Banggae, Kecamatan Mangara Bombang (Marbo), Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Muhammad Saleh Tata saat disambangi di rumahnya, Jumat (25/12) berbincang-bincang ramah, dirinya sudah empat tahun mengemban amanah yang dipercayakan rakyat Desa Banggae, banyak diperbuat untuk kepentingan rakyat.

Hal pertama yang dia perbuat adalah mempermudah birokrasi pelayanan publik. Lalu selaku pengelola dana desa, dia merajut pembangunan fisik seperti; jalan tani di setiap dusun, membagikan pompa air dan traktor kepada petani setiap dusun.

Bukan hanya itu, masih berderet kegiatan lainnya yang disentuh Kades, untuk meningkatkan perekonomian rakyat, khususnya fasilitas pengadaan sarana dan prasarana bagi petani dan nelayan penangkap ikan serta memasukkan listrik gratis bagi warga tidak mampu.

Selain memperbaiki pelayanan masyarakat dan kemajuan pembangunan ekonomi bagi kesejahteraan warga, pembangunan nonfisik pun digiatkan seperti; di bidang keagamaan dan keamanan, supaya masyarakat memahami hal yang baik dan buruk dan merasa aman dalam menjalankan aktivitas keseharian dan Desa Banggae selalu dalam suasana kondusif.
Menurutnya, bila Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan umur panjang dan kesehatan, pada Bulan Oktober 2021, Muhammad Saleh Tata akan maju lagi dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Banggae untuk periode ke dua, dan berharap mendapat dukungan dari masyarakat untuk melanjutkan program pembangunan yang belum dikerjakan dan amanah yang diemban di pundaknya akan selalu dijaga dan direalisasikan. Selamat Bertugas Bung Kades.
Pewarta: Abd Rauf Ampa
Editor : Loh