Jurus Kades Citta Selesaikan Sengketa Warga

Watansoppeng, Jurnalsepernas.com – Selaku Kepala Desa (Kades) yang amanah, Bahar Mahmud, S.IP kerap menyelesaikan sengketa warganya secara kekeluargaan,sebagaimana yang terjadi, Jum’at (25/12) sekitar pukul 17.00 Wita, berlangsung di kediamannya karena, libur Hari Raya Natal, di Desa Citta, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan.

Ditengah tengah merebaknya Corona Virus Desease 19 (Covid-19), Kades Citta tidak pernah lelah menangani persoalan konflik yang merebak ditengah-tengah masyarakatnya. Hal yang paling menonjol adalah masalah sengketa obyek lahan yang rata-rata menyangkut tanah warisan.

Bila terjadi kisruh klaim soal tanah, Bahar menyelesaikan dengan himbauan damai kepada masyarakat untuk menghindari petaka yang berujung di meja hijau, itulah jurus yang paling ampuh dilakukan Bahar dalam mendamaikan warganya. “Semua persoalan kita selesaikan dengan secara kekeluargaan, jangan ada kekerasan, mari kita selesaikan dengan pikiran jernih dan positif,” ujarnya.

Akhir-akhir ini, Kades Citta mampu menyelesaikan beberapa persoalan sengketa tanah warga hingga tidak berperkara di pengadilan dan diselesaikan di kantor desa.

Salah satu sengketa tanah
yang berhasil dimediasi oleh Kades Bahar adalah tanah sebelumnya diklaim antara Tina dan Yammase, seluas kurang lebih 80 Are yang akhirnya bersepakat untuk dibagi dua masing-masing mendapat 40 Are.

Pembagian tersebut, berjalan dengan aman, tertib, dan lancar yang disaksikan Kepala Dusun (Kadus) Lemoape, Suhardi dan Ketua Rukun Tetangga (RT) Dangkang, dipimpin langsung Kades Citta.
Pewarta : Annis
Editor : Rusmin