Kades Citta Mediasi Sengketa Tanah

Watansoppeng, jurnalsepernas.com-Persoalan sengketa tanah di Desa Citta, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, berhasil dimediasi oleh Kepala Desa (Kades) Citta, Bahar Mahmud, S.IP di Kantor Desa, Senin (21/12).

Dalam kesempatan itu, hadir beberapa ahli waris pemilik tanah seperti; Mastang diwakili oleh Aipda Astahir, Mire, Hj.Sariani Binti H.Aris, dan Bulan di wakili oleh Senna, yang merupakan salah satu keluarganya.

Para pihak menyelesaikan sengketa tersebut, dengan cara kekeluargaan dimana, masing masing ahli waris bersepakat untuk penetapan pembagian warisan diantaranya;
empat petak sawah di Mong, Dusun Mong, Desa Mariorilau, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng. Lalu
tanah kebun di Toliya biasa di sebut Pagojeng, Dusun Data, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten, Soppeng,
tanah kebun di Welalange, Desa Labae, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng, dan
tanah kebun di Pacekkeng,Dusun Labae, Desa Labae, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng.

Sementara Hj.Suriani Binti H.Aris mendapat, tanah kebun Waranie di Desa Labae, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng, tanah kebun Abbanungae, di Desa Labae, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng, tanah kebun di Dusun Data, Desa Labae, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng.

Pembagian warisan tersebut, disaksikan Suhardi, Kepala Dusun (Kadus) Lemoape, Andi Irsyadi, Kadus Bacue Bacue, Sertu Anwar, Babinsa Desa Citta, dan Brigpol Nasruddin, Babinkamtibmas Desa Citta.

Dengan berhasilnya mediasi tersebut, Kades Citta mengucap syukur dan berterima kasih pada semua pihak. “Saya bersyukur, Alhamdulillah berkat kerjasamanya antara masyarakat dan semua perangkat desa,” ucapnya.

Lanjut Kades, acara itu selesai dengan aman, dan mengajak semua pihak mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. “Jangan lupa protokol kesehatan yakni; menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan pakai sabun,” tutupnya.
Pewarta : Annis
Editor : Rusmin.