Puskesmas Leppangang Edukasi Masyarakat Terkait Nyamuk

PINRANG, JURNALSEPERNAS-Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Leppangang,Kecamatan Patampanua,Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan mengadakan edukasi kepada masyarakat berupa penyuluhan terkait nyamuk malaria berlangsung di Balai Desa Leppanggang, Senin (30/11) sekitar pukul 10.15 Wita.

Pihak Puskesmas diwakili Ghina Sari Mustika, SKM yang dihadiri Kepala Desa (Kades) Leppangang, Abbas Baduai, SE didampingi Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Mansyur, S.Ag.

Pada kesempatan itu, Ghina memaparkan cara dan teknis memutuskan mata rantai berkembang dan penyebaran jentik-jentik nyamuk di musim hujan ini yang dapat mengakibatkan terjangkitnya wabah malaria.

Lanjut Ghina, salah satu upaya pencegahan adalah penggunaan abate sejenis racun. Dijelaskan, tata cara pemakaian dan takarannya harus sesuai aturan kesehatan, lalu menyimpannya di tempat aman yang agak tinggi, supaya tidak dapat dijangkau anak-anak sehingga terhindar dari racun tersebut.

Di tempat yang sama, Kades Abbas Baduai mengingatkan kepada seluruh masyarakat Leppangang, dalam situasi pandemi Corona saat ini, masyarakat tetap menaati pratokol kesehatan pemerintah yakni; mencuci tangan, pakai sabun, pakai masker, dan atur jarak, juga bahaya asap rokok.

Himbauan tersebut, direspon masyarakat Desa Leppangang dan dia berharap yang disampaikannya itu dapat direalisasikan masyarakat.

Bidin, salah seorang warga Dusun Leppangang bersyukur kepada Tuhan juga sangat berterima kasih kepada pemerintah yang mana telah mengedukasi masyarakat tentang pencegahan Virus Corona dimana dalam sebulannya, dua hingga tiga kali melakukan, menguras,membersihkan, dan menutup (3M). Pewarta: Andi Anshari, Editor: La Ode Hazirun