Kadistan Takalar Jawab Keresahan Petani

Takalar, Jurnalsepernas-Pupuk urea bersubsidi pemerintah yang sempat menuai sorotan di kalangan petani karena, stok habis beberapa bulan terakhir, akhirnya terjawab dengan terpenuhinya kembali untuk kebutuhan para petani di Takalar.

Menurut Kepala Dinas Pertanian (Kadistan), H.Hasbi, S.STP, M.AP,kali ini kuota tambahan pupuk urea bersubsidi pemerintah, lima kali lipat lebih banyak dari jumlah kuota sebelumnya.

Lanjut Hasbi, kebutuhan tambahan kuota pupuk di Takalar yang hanya 2.612 ton, kini mendapat tambahan sebanyak 14.658 ton pupuk urea bersubsidi.

Jumlah itu kata dia, dipastikan mampu memenuhi pemakaian petani menjelang masa tanam pada musim hujan yang akan datang. “Ini bertepatan dengan momentum para petani kita sedang melaksanakan musyawarah Appalili di semua desa untuk menentukan masa tanam rendengan (masa tanam musim hujan),” ujar Hasbi.
Ditambahkannya, penambahan kuota subsidi urea lima kali lipat dari tahun sebelumnya, bisa dipastikan, stock pupuk urea bersubsidi melimpah.

Lebih jauh dia mengatakan, penambahan kuota pupuk urea tersebut, sekaligus menjawab surat permintaan tambahan kuota oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Takalar pada Kementrian Pertanian RI beberapa waktu lalu.

Dengan tersedianya kebutuhan pupuk urea bersubsidi di kalangan petani, Kadis Pertanian menjamin, harga pupuk di pasaran stabil. Maka dirinya meminta masyarakat, agar melaporkan jika ada oknum pengecer yang memainkan harga.
“Ini hasil dari surat permintaan penambahan kuota beberapa waktu lalu sudah terjawab. Kalau ada pengecer menaikkan harga hingga tidak normal segera laporkan,” pintanya. Editor: La Ode Hazirun, Pewarta: Abd Rauf Ampa.