DPRD Takalar Tetap Gulirkan Hak Angket

Takalar, Jurnalsepernas-Setelah berkunjung dan berkonsultasi dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otoda) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) tentang penggunaan hak angket, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan melalui panitia hak angket yang beranggotakan sembilan legislator, saat ini mereka mulai bergerak melakukan pengumpulan bukti dan data (Pulbaket) adanya dugaan pelanggaran Bupati Takalar, H Syamsari Kitta.

Menurut H. Nurdin HS selaku juru bicara (Jubir) hak angket, untuk melengkapi pengungkapan bukti dan data dugaan pelanggaran Bupati, panitia hak angket yang dipimpim ketua, dipelopori Ketua Fraksi Takalar Hebat yang juga Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), H.Andi Noor Zaelan sudah melayangkan panggilan pada lima pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). ”Kami sudah mengirim surat panggilan terhadap lima OPD untuk menjalani sidang perdana hak angket dan pemanggilan lima OPD ini bagian dari puldata dan pulbaket panitia hak angket,” kata Jubir Kak Angket DPRD Takalar, H.Nurdin HS, Jumat (9/10).

Lanjut jubir, kelima OPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar akan menjalani sidang perdana hak angket antara lain; Dinas Sosial PMD dengan materi sidang penggunaan dana desa, Bagian Tata Pemerintahan dengan kasus molornya pilkades serentak, dan BPKD dengan materi sidang buruknya tata kelola keuangan daerah.

Sedangkan dua OPD lainnya yang akan di sidang kata Nurdin yaitu; Badan Pengembangan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BPKSDM) dengan materi sidang mutasi, demosi yang terjadi secara terus-menerus di Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan dugaan penyelewengan dana anggaran Covid-19.

Nurdin selaku panitia hak angket, meminta pihak terpanggil, dalam hal ini pihak eksekutif untuk kooperatif selama masa sidang hak angket berlangsung. ”Kalau ada pihak terpanggil mangkir dua kali dalam persidangan, tentu mereka akan dijemput paksa oleh pihak kepolisian. “Olehnya itu kami meminta agar pihak-pihak terpanggil untuk kooperatif,” ancam H.Nurdin HS.

Sidang perdana hak angket direncanakan akan berlangsung, Senin (12/10) di Ruang Rapat Paripurna Istimewa DPRD Takalar: Editor: La Ode Hazirun, Pewarta: Abd. Rauf Ampa.