PKK Gelar Lomba Rumah Sehat

Takalar, Jurnalsepernas – Sebagai rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Ke-48, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Takalar, Sulawesi menggelar Lomba Rumah Sehat yakni; Berimbang Bergizi Sehat dan Aman (B2SA) pada 10 Kecamatan se Kabupaten Takalar berlangsung, Selasa (6/10).

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) III Tata Laksana Rumah Tangga, Hj. Suwainah Hasbi, S. Farm, mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten di sela-sela penilaian mengatakan, untuk hari pertama pihaknya melakukan penilaian di tiga kecamatan yakni; Kecamatan Pattallassang, Kecamatan Polobangkeng Selatan (Polsel), dan Kecamatan Polobangkeng Utara (Polut).

Menurutnya, dalam penilain lomba tersebut, Kelurahan Pappa mewakili Kecamatan Pattallassang, sedangkan Kecamatan Polsel diwakili Kelurahan Canrego, dan Kecamatan Polut diwakili Kelurahan Malewang.

Lanjut dia mengatakan, sebagai indikator penilaian yakni; keserasian dan kreatifitas dalam menata halaman maupun hatinya PKK. “Jadi, prosedur penilaian nyakni halaman asri, teratur, indah dan nyaman,” ujarnya, sembari mengatakan, partisipasi antarkeluarga dalam menata halaman serta keanekaragaman tanaman sayur, toga, dan bunga-bunganya terlihat asri dan indah.

Ditambahkannya, untuk penilaian B2SA yakni harus memenuhi gizi, kalori dan karbohidrat serta kreatifitas dalam menyajikan makanan yang Berimbang, Bergizi, Sehat dan Aman untuk keluarga.
Dalam kesempatan itu dia berharap, tim penggerak PKK bukan hanya turun menilai, tetapi juga sebagai bentuk pembinaan kepada kader PKK. “Bagaimana cara pola hidup sehat dalam keluarga sehingga, mereka merasa nyaman dan tetap sehat dalam sebuah lingkungan keluarga,” imbuhnya.

Tim penilai disambut Camat, Lurah, Muspika Kecamatan, Kader Kesehatan, Kader serta Pengurus PKK Kecamatan dan desa di tiga Kecamatan. Editor: La Ode Hazirun, Pewarta: Abd Rauf Ampa.