Tambang Galian Ilegal Resahkan Warga

SUNGGUMINASA, JURNALSEPERNAS – Berdasarkan investigasi dan monitoring awak media ini, ditemukan tambang galian diduga ilegal karena tidak memiliki dokumen resmi berupa perzinan.
Tambang galian tersebut, beroperasi di Dusun Bori’salama, Desa Gentungan, Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan sangat meresahkan warga setempat sebab, disamping mengganggu ketentraman penduduk, juga fasilitas jalan rusak parah akibat lalu lalang kendaraan yang mengangkut material timbunan.

Ketika kordinator lapangan (Korlap) penambang ditemui, Rabu (23/09) dia enggan menyebut namanya saat hendak dikonfirmasi pihaknya menolak. “Tidak usah pak karena, saya juga orang hukum dan saya juga orang media. Saya tau prosedur yang seharusnya saya lakukan,” ungkapnya.

Ditempat berbeda, penulis sempat menemui Kepala Desa (Kades) Gentungan di kediamannya mengatakan, selaku pemerintah desa, dirinya sudah mengingatkan. “Saya sudah mengingatkan, agar sebelum memulai kegiatan penambangan, menyampaikan dan mengurus kepada unsur Tripika. Kalau ada izin dari Tripika baru bisa beroperasi namun, sangat saya sayangkan sekitar empat hari beroperasi belum mengantongi izin, bahkan diawal beroperasi saya dan Babinkamtimas turun di lokasi untuk melarang tapi tetap saja beroperasi,” ujar Kades.

Pada kesempatan yang sama, Babinkamtibmas, Desa Gentungan, H.Jainuddin pada awak ini mengatakan, dirinya sudah dua kali melarang kepada pihak pengelola namun, tidak ditanggapi. “Saya sudah dua kali ingatkan pada pengelola supaya tidak beroperasi sebelum kantongi izin, tapi tidak dindahkan,” tandas Jainuddin.

Di lain tempat, awak media ini menemui Daeng Kulle di kediamannya, salah seorang pengelola tambang mengatakan,
di lokasi hanya percetakan sawah dan akan dijadikan tempat wisata perkebunan dan tempat pemancingan serta akan dibangun beberapa wisma untuk keindahan wisata nantinya.
Diakuinya, pihaknya sudah disetujui beberapa pihak, termasuk Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan Bajeng Barat, Dinas Pertanian, dan Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa. “Saya sudah mengantongi gambar denah yang akan dibangun disini,” terang Dg Kelle. Editor: Rusmin, Pewarta:
Abdul Aziz.