Samsat Jeneponto Buka Layanan Hingga Desa

Jeneponto, jurnalsepernas.com- Upaya pihak Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jeneponto, Sulawesi Selatan merupakan kabar gembira bagi pemilik kendaraan bermotor dalam Wilayah Kabupaten Jeneponto sehubungan dengan akan dibukanya Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan yang beraktivitas di Kantor Kelurahan dan Desa se Kabupaten Jeneponto.
Hal ini disampaikan Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat Jeneponto, M. Ali Burhan, GS. S.Sos., MM di ruang kerjanya, Senin, (21/2020).
Ia mengatakan, untuk memudahkan agar pemilik kendaraan bermotor membayar pajak, pihaknya membuka akses Pelayanan Pembayaran Pajak di Kantor Kelurahan dan Desa di seluruh Wilayah Kabupaten Jeneponto sehingga, diharapkan para Lurah dan Kepala Desa proaktif dalam hal ini karena, di samping dapat menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga memudahkan warga dalam membayar pajak.
Pihak Samsat menyadari, masyarakat Jeneponto sangat patuh membayar pajak, hanya terkendala persoalan waktu dan kesempatan yang membuat pemilik kendaraan bermotor terkadang lambat dan mengabaikan pembayaran pajaknya. “Kami pihak Samsat membuka layanan di Kantor Kelurahan dan Desa untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajaknya, tekhnisnya adalah bergantung pada kesiapan Kepala Kelurahan dan Kepala Desa, hari apa pihak kami mendatangi Kantor Lurah atau Desa untuk memberikan pelayanan dan langsung dicetak di tempat tanpa ada penambahan biaya, tetap sesuai dengan apa yang sebenarnya,” ujar Ali Burhan.
Lebih jauh Karaeng Sijaya, sapaan akrab Kepala UPT Samsat ini menjelaskan, dari pajak yang masuk di UPT Samsat Jeneponto, pihaknya telah menyetor kepada Pemerintah Daerah selama dia bertugas di Jeneponto, yakni mulai Tahun 2018, 2019, dan 2020 ini sekitar hampir Rp120 Milyar dan tentunya itu kembali kepada masyarakat pemanfaatannya yang pengelolaannya melalui Pemerintah Daerah.
Hal itu pihaknya telah menyampaikan kepada para Camat agar mendorong para Lurah dan Kepala Desa menjemput pro Megan ini sebagai mitra dalam menjalankan misi Pemerintah Daerah menuju Jeneponto yang lebih baik. “Mumpung kami putera daerah disini sehingga, kemitraan dan kerjasama dapat terjalin lebih akrab,” imbuhnya.
Ditambahkannya, dirinya selaku putera daerah yang sementara ini menduduki kursi 01 di UPT Samsat Jeneponto, selalu ingin berbuat yang terbaik untuk daerahnya, yang menurutnya disadari betul, ia tidak selamanya berada di tanah kelahirannya dengan posisi seperti saat ini.
Dia berpesan agar dalam menduduki suatu jabatan selaku pengambil kebijakan harus jujur dan transparan. “Dalam kepemimpinan, hendaklah selalu transparan dan kuncinya inovasi dan kerja keras untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” pungkasnya.
Editor: La Ode Hazirun, Pewarta: M Arif.