Limbah Industri Di Buang Di Sungai

GOWA,JURNALSEPERNAS-Disalah satu bahu sungai kampung Doja, Desa Tangke Bajeng, kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi-Selatan,Selasa 1 /9/2020.

Menyambangi pemilik Industri Tahu,Tempe “Saipul” atau nama sapaan mas saipul di ruangan kerjanya terkait pembuangan limbah industri miliknya, atau corong pipa pembuangan limbahnya di mulut sungai yang mengotori sepanjang sungai kampung Doja tersebut, dirinya menyangkali dengan nada arogansi kepada awak media ini, bahwa limbanya tidak mengotori sungai karena limba tahu, tempe, juga bisa dijadikan pakan ternak pungkasnya dengan suara lantang.

Dengan aloknya perbincangan tersebut dirinya mengakui akan memindahkan sesegrah mungkin corong pipa pembuangan limbah tersebut, kelubang pembuangan yang telah di buatnya, padahal industri tersebut sudah beroperasi dari beberapa tahun lalu sampai saat ini, corong pembuangan masih di mulut sungai.

diduga keras bandel pemilik industri tersebut pasalnya dirinya mengakui telah beroperasi sudah sekian lama.
Bahkan tak segan menyebut pemerintah Desa Tangke Bajeng, berada di belakangnya ucapnya.

Dilain tempat awak media ini menemui Kepala Desa di ruangan kerjanya, namun dirinya sedang keluar dan awak media menemui salah satu kasi kesra yang tidak bersedia di publikasi namanya, mengatakan bahwa dari pihak pemerintah akan melakukan pemantauan dilapangan khususnya kepala Dusun setempat dan dirinya juga akan menyampaikan hal ini kepada Kepala Desa ” H. Jafaruddin, SH.

( Abdul Aziz)