Dandim 1423/Spg Bersama Pemkab Melaksanakan Rakor Penanggulangan Covid-19

WATANSOPPENG, JURNALSEPERNAS-Rapat kordinasi gugus tugas penanggulangan covid 19 kabupaten Soppeng dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan dilaksanakan di Aula Makodim 1423/Spg,Selasa 14 Juli 2020.

Rapat Kordinasi penanggulangan Covid 19 sekda H A.Tenri Sessu mewakili Bupati menyampaikan bahwa Covid -19 di wilayah Kabupaten Sopeng sangat meningkat setiap harinya karena kurangya kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan yang telah di tetapkan.

Sekarang pemerintah daerah saat ini sudah melaksanakan dan berupaya melakukan langkah dalam memutus mata rantai covid-19 yang di antaranya Pemeriksaan swab dan rapid secara gratis,perketatan penjagaan di perbatasan,,ungkapnya.

Lanjut paparan Dandim 1423/Soppeng ;
Rasia akan dilaksanakan secara tertutup dan dadakan terutama para pemilik warkop,dan akan melaksankan sistem denda kepada pemilik warkop yang melanggar protokol kesehatan berupa pencabutan izin.

Penyemprotan tetap akan dilaksanakan di berbagai tempat terutama tempat masyarakat berkumpul di pasar dan di pusat perbelanjaan.

Edukasi juga akan dilaksanakan sebagai upaya penanganan secara pasif dan aktif yaitu dengan cara PAM Swakarsa sebagai ujung tombak dan memonitoring dan mendata masyarakat yang keluar masuk ke Soppeng.

Tracking dan isolasi/Rehabilitasi korban Covid-19 yang di nyatakan sembuh,wajib di isolasi selama 3 hari secara mandiri,ini dilakukan sebagai upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus Covid-19

Letkol Inf Richard M.Butarbutar,Dandim 1423/Soppeng di sela kegiatan rakor menyerahkan cinderamata kepada para kepada SKPD kabupaten Soppeng.

PAM Perbatasan juga harus diperketat terutama para warga yang mau masuk ke Soppeng dan para pejabat pemerintah dari luar yang akan melaksanakan kegiatan dinas ataupun emergency wajib membawa surat ijin dinas dan surat bebas covid.

PAM Swakarsa juga harus ada kerja sama para pejabat kecamatan khususnya camat agar membantu mendirikan pos agar dapat mengontrol Para pendatang masuk ke Soppeng sebagai mana ujung tombak dalam memonitorin perkembangan penyebaran mata rantai Covid 19 diwilayah.

Kegiatan Rakor juga dihadiri oleh Kabag Ops polres Soppeng,para perwira staf jajaran kodim 1423/Soppeng, Para kepala SKPD, dan para camat sekebuten Soppeng.
(Ridwan)