Umbang Dg Gassing Jual Bibit Jagung Bersubsidi

Jeneponto, Jurnalsepernas – Sungguh terlaluuu, Umbang Daeng Gassing yang beralamat di Belakang Mapolsek Kelara dekat Pasar Tolo Kelurahan Tolo, Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto Sulawesi-Selatan menadah Bibit Bersubsidi Jeneponto jenis Pertiwi 2 dan Budi 18 lalu menjual di Kabupaten Bone Sulawesi-Selatan. Pantas saja para petani di Jeneponto menjerit karena tidak mendapatkan pembagian bibit bersubsidi dari Dinas Pertanian Kabupaten Jeneponto.

Saat Media ini ke Rumahnya Hari Senin Pagi, 15 Juni 2020, Umbang tidak berada di Rumahnya dan Istrinya Daeng Caya mengatakan Umbang pergi ke Daeng Nai di Seputaran Pasar Tolo. Media ini mencari ketempat yang disebut Istrinya namun hingga Sore Hari tak kunjung ketemu dan lama menunggu di Rumahnya. Sambil menunggu istri Umbang yaitu Daeng Caya mengatakan Saya juga membeli Bibit Jagung dari Petani di Gowa Desa Taring, Kalammassang dan Pencong. Saya membeli 150.000/Doz. Terkadang Saya Bayar pakai Racun Rumput. Setelah terkumpul baru saya bawa ke Kabupaten Bone untuk di Jual. Saya bersedia mendatangkan itu petani bila diperlukan kalaupun jumlahnya sekitar 50 Orang, akunya.

Ini menandakan bahwa Daeng Caya ini sudah penadah Bibit Jagung bersubsidi bersama suaminya, Umbang. Anehnya lagi, Bibit Jagung yang dibeli di Gowa bermerk Bibit Jagung Pertiwi 2 Bersubsidi Kabupaten Jeneponto. Daeng Caya istri Umbang tetnyata berbohong Pula.
Umbang terkuak sebagai Penadah Bibit Jagung lantaran Rekannya Asdar ditangkap di Polres Bone Pada Hari Jumat, 22/6/2020 dan mengaku bahwa Bibit Jagung PERTIWI 2 itu diperoleh dari Umbang.

Masih di Rumah Umbang, istrinya bercerita lagi bahwa Asdar melaporkannya terkait penjualan Kopi Kapal Api Kadaluarsa yang biasa Daeng Caya lakukan. Tanpa diminta Daeng Caya mengambil 1 Doz Kopi Kapal Api kemasan yang Kadaluarsa sambil mengatakan didalam Rumah masih banyak, kalau mau, Saya ambilkan tapi Saya menolak dengan mengatakan ini sudah kadaluarsa tidak baik untuk dikomsumsi namun Istri Umbang ini berujar, Orang sini tidak tau. Orang ini yaitu Umbang sebagai Penadah dan Istrinya sudah mengaku bahkan menjual lagi Kopi Kapal Api Kadaluarsa, Bagaimana APARAT PENEGAK HUKUM?

(ARIF)