Karyawati BRI Yahukimo Melayani Setulus Hati

DEKAI, JURNAL SEPERNAS – Bank Rakyat Indonesia (BRI), salah satu nama Bank yang tidak asing lagi di kuping warga negara Indonesia karena, wilayah operasionalnya menjangkau hampir seluruh pelosok tanah air, dimana salah satu sikap yang diembankan kepada semua stakholdernya: “Melayani Setulus Hati”.

Simbol pengabdian yang diterapkan pimpinan pusat ini, termotivasi dan terealisasi pula dikalangan karyawan/karyawati BRI Unit Yaukimo Cabang Wamena, Papua sebagaimana terlihat dalam keseharian. Untuk mengetahui lebih dekat kinerja para awak BRI Unit Yahukimo, Pimpinan Umum Media Jurnal Sepernas dan Ketua Umum Serikat Pers Reformasi Nasional, La Ode Hazirun, sempat takjub dengan dua orang karyawati yang sedang sabar dan enjoy melayani nasabah.

Penulis simpatik dan kagum menyaksikan dua mahluk yang mempesona ini yang parasnya sangat kontras dengan mahkuk lain yang ada disekitarnya. Berkat daya tarik keramahannya, penulis tertegun ingin mempublikan dedikasi yang mereka lakoni dan mendapat respon positif dari mereka maka, terjadi komunikasi dua arah, sehingga tercipta tulisan stright news ini. Se arah jarum jam (Dari kiri ke kanan, red.) yakni; iran Mapandin, akrab dipanggil Iran. Dia merantau dari Toraja Utara, Sulawesi Selatan, pendidikan terakhir di Universitas Kristen Indonesi Toraja, Jurusan FKIP dan bergabung di BRI Cabang Wamena 12 Maret 2020 yang langsung dipercayakan di Yahukimo (Masih junior sekali ya, red.). Ditanya suka-dukanya menjadi pelayan para nasabah tersebut, dengan senyum manisnya bertutur.

“Sukanya, kita bisa bertemu dengan orang banyak yang berbeda suku. Jadi banyak pengalaman yang didapat,” ujar dara tempat tedong bonga ini.

Sementara dukanya, bila melayani nasabah yang bertempramen tinggi. “Aduh, kalau berhadapan dengan nasabah yang tidak sabaran, kita juga snewen tapi tetap fokus melayani apapun resikonya,” imbuhnya.

sementara dara manis yang satu lagi, berasal dari Kota Daeng, Makassar. Si cantik ini diberi nama sama orang tuanya, Winda Novita Sari M.S. Menyelesaikan sekokahnya di SMA Negeri 1 Wamena dan pendidikan terakhir di STIK Tamalatea Makassar. Dirinya diterima di BRI, 24 Maret 2019 dan dimutasi di Dekai ibukota Yahukimo, 9 Maret 2020.Sukanya, nyaris sama, yakni banyak pengalaman didapatkan ketika bertemu dengan nasabah yang dianggapnya sebagai teman baru yang menjadikan lebih mandiri (Hebat sampeyan, red).Dukanya, jauh dari orang tua.

“Kita rindu dengan kampung halaman yang jauh dari ortu dan kaget dengan karakter nasabah yang tidak sabaran,” jelasnya. Sembari mengatakan, nikmati setiap proses yanga ada dan tetap melayani dengan setulus hati (Semurni cintanya, hehehe, red.). Satu hal mereka keluhkan adalah cuaca panas.

Perbincangan ditutup dengan sebuah harapan agar para nasabah sabar antri dan kalau ada permasalahan diselesaikan dengan baik-baik tanpa emosiolnal. Selamat bertugas srikandi BRI. Maaf bagi pembaca ingin kenal tidak ada nomor contect person dititip.(loh)