Pembagian BLT-DD Tahap II di Desa Mariorilau

SOPPENG, JURNALSEPERNAS – Andi Mappatunru  Selaku Kepala Desa Mariorilau, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, menjelaskan kepada Media tentang penyaluran BLT-DD  di ruang kerjanya Rabu. (20/5/2020).

“Terkait dengan adanya Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang telah di rencanakan untuk secepatnya akan di salurkan ke masyarakat Desa Mariorilau, guna untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak (C-19), yang merupakan revisi dari peraturan menteri Desa No.11/2019 menjadi No.6/2020 tentang perubahan proritas penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Sesuai dengan pendataan yang sudah di himpun oleh Ketua RT/RW dan melibatkan beberapa Mahasiswa dari Poleonro yang di bantu oleh beberapa masyarakat yang bersifat independen untuk membantu dalam pendataan di masyarakat Desa Mario Rilau.

Menurut Andi  Mappatunru, hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak di inginkan dari tanggapan masyarakat, maka Pemerintah Desa telah melibatkan Masyarakat yang bersifat independen untuk turut langsung ke lapangan melakukan pendataan.

“Ditambahkannya lagi bahwa Setelah melakukan pendataan maka, di lakukan lagi musyawarah di Desa yang di hadiri oleh tokoh masyarakat, ketua RT/RW, Kepala Dusun, BPD dan beberapa tokoh masyarakat lainya yang membahas siapa yang paling layak yang belum tersentuh bantuan lain dari pemerintah, dari musyawarah Desa tersebut maka yang masuk calon penerima BLT-DD terdiri dari kurang lebgih 100 KK, sedangkan penerima BST dari Sosial 130 KK, dan tidak ada data ganda artinya pendataan yang dilakukan betul-betul akurat karena memang tidak boleh ada kongkalikong antara kepala desa dan keluarga atau kerabatnya dalam penerimaan bantuan tersebut, dan rencananya hari kamis besok akan di salurkan ke masyarakat Desa Mariorilau sebesar Rp.600,000- per KK. Tutupnya

(TIM)