Bantuan Sembako Di Bagikan Melalui Dinas Sosial Makassar

MAKASSAR, JURNALSEPERNAS – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Sosial Makassar, segera menyalurkan sejumlah bantuan berupa sembako bagi warga di kota Makassar, batuan tersebut adalah bagian dari program pemerintah dalam menghadapi Covid-19 atau virus Corona yang memaksa masyarakat harus berdiam diri di rumah atau Bekerja Dari Rumah (Work From Home) untuk sementara waktu.

Dalam video telekonferensi, Kepala Dinsos Kota Makassar, Mukhtar Tahir mengatakan akan mengatur sejumlah mekanisme dan juga tahapan untuk menyalurkan sembako tersebut. Dimana salah satu faktor utamanya adalah menjaga jarak atau physical distancing sebagai langkah mencegah peyebaran Covid-19.

Namun sangat disayangkan ternyata dalam pembagian bansos ini dianggap kurang tepat sasaran dikarenakan data yang digunakan oleh Dinas Sosial tersebut menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mengacu yang pendataannya dilakukan di akhir tahun 2019 lalu.
“Kami dari Dinas Sosial berusaha dan berupaya sehingga masyarakat bisa tersentuh dan terjamah sebagai bentuk perhatian,” hari. Minggu (3/5/2020).

Dalam pembagian sembako nantinya, Dinas Sosial akan melibatkan masing-masing petugas di kelurahan setelah menerima paket, maka 1 orang bertanggung jawab memberikan 25 paket untuk di bawah ke rumah warga.
“Didampingi oleh TNI/Polri sehingga aman dan itu merupakan bentuk transparansi,” tambahnya.
Bantuan sembako tersebut tidak hanya diberikan pada warga kategori tak mampu saja yang berdomisili di Makassar serta mereka yang kehilangan penghasilan akibat pandemi.

Dinsos Makassar mengaku mengaku telah memiliki data dan sudah menentukan warga penerima sesuai hasil validasi dari tingkat RT/RW dan kelurahan masing-masing.
Indikator penerima sembako tersebut dikatakan yakni pekerja harian, karyawan resto, rumah makan, ojek online, pedagang asongan, pemulung, tukang becak hingga karyawan hotel yang harus bekerja di rumah

Tim Liputan JS Makassar