Pendataan BLT Desa Lala Batariaja

KADES LALA BATARIAJA MEMIMPIN LANSUNG PENDATAAN BLT-DD

SOPPENG – JURNALSEPERNAS  Penyaluran Bantuan dari Pemerintah Pusat dengan Menggunakan Dana Desa ( DD ) dihampir seluruh Desa di Indonesia, merupakan bantuan untuk orang yang miskin non BLT dan PKH,

Bantuan sebesar Rp. 600,000,-per KK, di berikan kepada orang miskin non PKH dengan Menggunakan Dana Desa dalam rangka meringankan beban masyarakat akibat Pandemi Covid-19. Kebijakan ini merupakan Revisi dari peraturan Menteri Desa No.11 Tahun 2019 menjadi No.6 Tahun 2020 tentang perubahan prioritas pengunaan Dana Desa 2020. Dan kini Kepala Desa Lalabata Riaja, Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng MARHABANG, memimpin langsung time relawan Covid-19″ melakukan pendataan di wilayah Desanya, kamis (23/4/2020) dan tetap berkordinasi dengan Ketua RT/RW setiap berada di lapangan.

Hal tersebut di lakukan MARHABANG, untuk mengetahui kelayakan yang menjadi calon penerima (BLT-DD), karena yang layak menerima adalah keluarga miskin, yang terdapat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang kehilangan mata pencaharian, keluarga yang mempunyai penyakit kronis/menahun, non PKH, dan BPNT.
ditambahkanya lagi, jika dalam pendataan di lapangan di temukan keluarga miskin tetapi tidak masuk DTKS maka, bisa di tambahkan untuk pemuktahiran DTKS, dan yang penting calon penerima BLT-DD harus memiliki No. induk Kependudukan.

Mengenai dokumen hasil pendataan akan di bahas dalam forum musyawarah Desa khusus (MUSDESUS), untuk Validas, Finalisasi dan penepatan data keluarga calon penerima BLT-DD yang di tuangkan dalam berita acara dan di tanda tangani KADES bersama BPD, dan di sampaikan ke Bupati untuk mendapatkan pengesahan, dan pengesahan dapat pula di delegasikan kepada Camat.

Kepala Desa merupakan penanggung jawab penyaluran BLT-DD, dan harapan besar Ketua time Covid-19″ MARHABANG selaku Kepala Desa Lalabata Riaja kepada time Covid-19″ agar mendata sesuai dengan aturan dan anjuran dari Pemerintah. Hal ini di sampaikan oleh SEKDES Lalabata Riaja kepada wartawan Jurnal Sepernas Kamis (23/4/2020)

 

(FM)