Adik Bupati Bulukumba Kembali Dilaporkan

BULUKUMBA – JURNALSEPERNAS  Korban yang sebelumnya melaporkan kasus pengancaman dengan Laporan Polisi Nomor… Andi. Sofyan( Terlapor )diduga keras melakukan pengancaman terhadap Andi.Burhanuddin(Pelapor). Namun, laporan pengancaman yang dilaporkan pada 11/4/2020 dianggap tidak memenuhi unsur setelah dilakukan gelar perkara diruang Reskrim polres bulukumba 21/4/2020.

Sehingga wartawan Zonamerah kembali melaporkan dugaan tindak pidana penghinaan di KSPK rabu 22/4/2020 dengan laporan Nomor…Dimana terlapor mengeluarkan bahasa penghinaan dengan ucpan,apa maumu bur,bilangmako,saya tau diotakmu itu uang-uang terus,kamu itu perusak,lebih sirusaki daripada kau mau rusaki saya,kalau mau uang cari yang halal tai*** keluarga tidak ada gunanya.

Dari keterangan (BAP) terlapor mengakui ancaman dan perlakuannya terhadap Andi.Burhanuddin(pelapor) sehingga hasil gelarnya dinyatakan tidak terpenuhi. Penyidik,dan peserta gelar lebih mengarahkan Pelapor untuk membuat laporan baru, dengan laporan penghinaannya,karena selain,penghinaan terlapor juga dianggap menghalang-halangi tugas jurnalistik.

“Awalnya Andi.Sofyan dikonfirmasi lewat via telepon,dimana pada waktu itu,Pelapor ingin menkomfirmasi dugaan adanya tambang galian C yang dikelola oleh terlapor. Akan tetapi terlapor pada saat itu enggan berkomentar, justru mengeluarkan kata-kata lamako kucari,dari perkataan itulah sehingga korban mengikuti arahan Terlapor untuk ditemui dikota.

Setelah pelapor tiba dikota, terlapor kembali dihubungi lewat via selulernya, dan diminta pelapor untuk menunggu didepan warkop 169, akan tetapi posisi pelapor berada didalam warung es buah letaknya didepan jalan kosuma bangsa, Tak lama kemudian Terlapor datang dengan mengendarai mobil vios berwarna putih.Setelah turun dari mobil Terlapor langsung  membentak dab mengeluarkan kata-kata penghunaan dan terkesan menghalangi,” kata Andi Bur, jurnalis media online. Zona merah, Rabu (22/04/2020) seperti dikutip dari Zona merah.

Andi Bur merasa apa yang dilakukan AF sudah kelewat batas. Akibat perbuatan AF, Andi Bur tak bisa melakukan konfirmasi lengkap sehingga produk berita gagal total.

“Karena dibentak-bentak dan melontarkan kata-kata kasar, Tai… wartawan pemeras, saya laporkan saja, karena telah menghalangi dan merugikan kinerja wartawan,” kata Andi Bur.

Saat kejadian, Andi Bur, mengaku sempat adu mulut dengan AF di dalam warkop. Namun, AF tak mau menerima penjelasan Andi Bur terkait tugas wartawan dilindungi oleh undang-undang.

“Setelah melapor keatasan saya, sesuai dengan UU No. 40 Tahun 1999, maka adalah hak konstutional saya untuk melaporkan yang bersangkutan, soal siapa yang salah biar hukum menentukan, semoga bisa sebagai bahan pembelajaran kita bersama,” ujarnya

Akbar js