Relawan Komunitas Generasi Aksi Makassar Ikut Andil Dalam Pencegahan Covid-19

MAKASSAR – JURNALSEPERNAS  Berbagai kegiatan dilakukan tim relawan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah makassaar, salah satu akegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Generasi Aksi di makassar yang memberikan bantuan berupa  Mobile Hand Washer di Pasar-Pasar. Selasa 14/04/2020.

Aksi yang dilakukan komunitas ini adalah merupakan bentuk partisipasi yang diberikan  Sebagai salah satu upaya membantu pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di Sulawesi Selatan, Relawan Komunitas GenerasiAksi membagikan mobile hand washer atau tempat cuci tangan berkapasitas 600 Liter air di sejumlah pasar di Kota Makassar.

“Sejauh ini, sudah ada 5 (lima) unit mobile hand washer yang dipasang di Pasar Daya, Pasar Terong, dan daerah Pettarani Makassar” jelas Ketua Komunitas GenerasiAksi Dirga Mahardika.

Dirga mengatakan, di pasar-pasar terjadi banyaknya interaksi manusia yang tidak dapat dihindari. “Sementara itu, pasar harus tetap beroperasi untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan, Generasi Aksi menargetkan dapat memasang 100 unit mobile hand washer di seluruh pasar-pasar Sulawesi Selatan. Adapun pengadaan tempat cuci tangan ini adalah hasil kolaborasi Generasi Aksi dengan berbagai organisasi kepemudaan termasuk KNPI Sulsel, Etos Makassar, KAMMI, IMM, dan lainnya.

Dirga juga mengajak semua pihak turut berperan dan bekerjasama dalam pencegahan penyebaran virus Corona. “Saat ini bukan lagi saatnya saling menyalahkan, tetapi waktunya kita untuk saling membantu, dan bekerjasama.”

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pasar Terong Kota Makasaar Safaruddin mengapresiasi pengadaan mobile hand washer dari GenerasiAksi karena hasil dari inisiatif anak muda, dan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berbelanja di pasar.  Dia menuturkan, saat ini memang sangat dibutuhkan bantuan semacam ini untuk mencegah penyebaran virus corona di Pasar, dengan adanya tempat cuci tangan ini bisa melindungi penjual dan pembeli.

“Gerakan positif seperti ini patut diapresiasi dan dijadikan contoh, selain kritis, anak muda juga harus mempu menghadirkan aksi dan solusi yang nyata seperti ini” tutur Safruddin.

 

Rico Js – Makassar