Surat Terbuka Ketua Umum DPP-SEPERNAS

Kepada Yth

Bapak Presiden Republik Indonesia

Di

        J a k a r t a 

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Pers

Kami warga Negara Indonesia atas nama Organisasi Serikat Pers Reformasi Nasional (SEPERNAS) yang berkedudukan di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan Jalan Faisal Raya Komp.Perumahan  Phinisi Nusantara Recidence No.D/9. Kami sangat prihatin terhadap ancaman wabah virus corona yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia menyebar ke seluruh pelosok negeri. Sehingga Bapak Presiden mengeluarkan peraturan ketat seluruh komponen negeri harus beraktivitas di rumah masing-masing, hal itu kami tidak persalahkan.

Namun kami sebagai wartawan dengan media belum mapan penghasilannya, tentu sangat merasakan dampak dari isolasi wabah covid 19 yang diberlakukan pemerintahan Bapak, kami tidak dapat melakukan aktivitas selaku jurnalis atau insan pers pada kantor-kantor pemerintah, sekolah, rumah sakit, dan kegiatan seremonial lainnya karena diliburkan. Sehingga kami tidak mendapatkan akses berita dari kantor-kantor tersebut, karena pejabatnya tidak berada ditempat/di kantornya.

Bapak Presiden Yang Terhormat yang kami cintai, dengan kondisi dan realitas demikian kami tidak dapat melakukan konfirmasi, wawancara, dan kegiatan jurnalistik lainya sebagaimana biasa yang berimbas pada terganggunya penerbitan media kami yang secara otomatis mengganggu juga kehidupan perekonomian kami yang dapat menimbulkan kemelaratan rumah tangga/keluarga kami.

Untuk menghindari hal tersebut, Bapak Presiden yang kami hormati, kiranya Bapak bertindak bijak dan bersedia bertanggung jawab terhadap nasib wartawan kami yang kehidupannya sudah morat-marit akibat peraturan yang Bapak Presiden tetapkan, namun kami menerimanya. Tentunya harapan kami, Bapak Presiden harus mencarikan solusi yang tepat untuk menanggulangi ancaman kemelaratan para pekerja pers yang sehari-harinya menggantungkan biaya hidupnya di dunia pers.

Bapak Presiden Yang Terhormat, satu-satunya cara yang paling tepat adalah memberikan tunjangan hidup kepada kami selama berlangsungnya isolasi mencegahan virus corana yang mewabah ini, demi kelangsungan hidup yang kita tidak mengetahui sampai kapan akan berakhir. Bapak Presiden selaku Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan Republik Indonesia dinilai sangat arif dan bijaksana yang beretika moralis dapat memahami kesulitan kami.

Demikian surat terbuka ini kami layangkan kepada Bapak Presiden yang kami cintai dan banggakan kiranya merespon harapan secuil anak bangsa ini demi tegaknya NKRI yang terbingkai dalam persatuan dan kesatuan Negara Pancasila. Atas perhatian dan perkenaan Bapak Presiden, sebelumnya kami menghaturkan terima kasih banyak.

Makassar, 9 April 2020                                                                                                 Wassalam, Ketua Umum

 

  ( Drs. LA ODE HAZIRUN )