Sifat Ke Gotong Royongan Kini Masih Menjadi Tradisi Suku Bugis Bone

BONE – JURNALSEPERNAS  Tradisi yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita dulu kini masih di lakukan di berbagai pelosok-pelosok Desa tepatnya di antara dua Desa yang ada di Kec. Amali Kab. Bone Prov. Sul-Sel yakni Desa Taccifong dan Desa Ulaweng-Riaja.

Andi Darwis selaku Kepala Dusun dari Desa Ulaweng Riaja bekerja sama dengan  Bapak Sime sebagai tokoh masyarakat, dan Basri Kepala Tukang. Sifat tradisi seperti ini sudah lama dilakukan masyrakat Bone, ini merupakan suatu keakraban dan bentuk silaturahmi bagi kami masyarakat Bugis Bone,tandasnya.

Sifat Kegotong royongan dan sifat toleransi seperti harusnya di budayakan terus, seiring dengan perkembangan jaman tradisi ini sudah mulai di acuhkan, makanya kami dari masyarakat Bugis Bone selalu mempertahankan tradisi ini, jangan sampai kita masyarakat Bugis saling cuek dalam kebersamaan karena kita sudah berada di dunia Kecanggihan seperti sekarang ini. Dengan adanya adat seperti ini kami akan selalu mempertahannkannya, Tambahnya lagi saat di wawancarai oleh media ini.

Demi untuk melanjutkan sifat ke gotong-toyongan di masyarakat, andi Darwis selaku Kepala Dusun melibatkan beberapa masyarakat dari Desanya bekerja sama dengan tokoh masyarakat Bapak Sime untuk menggabungkan beberapa masyarakat dari dua Desa. Yakni Desa Ulaweng Riaja bekerja sama Desa Taccifong untuk membangun pondok di kebun, selasa (31/3/2020) sebagai tempat peristirahatan petani kebun di sekitar situ.menurutnya..

(akmaluddin)