Ketua DPC SEPERNAS Kab. Soppeng Bersama Tim Mendatangi Kantor PWI Kab. Soppeng

SOPPENG – JURNALSEPERNAS, RUSMIN selaku Kordinator Nasional Jurnal Sepernas, dan ketua DPC Sepernas Soppeng bersama tiem mendatangi Kantor Persatuan Wartawan indonesia ( PWI ) Soppeng senin 16 maret 2020, untuk mengklarifikasi dengan adanya pemberitaan yang tidak benar oleh kabarsatu. com, yang merupakan media naungan dari ( PWI ).

Menyangkut dengan pemberitaan yang di muat oleh kabar satu.com. Melalui media online pada hari sabtu 14 Maret 2020 adalah berita yang tidak benar, dan tidak berimbang.
Pasalnya, salah satu oknum yang mengaku sebagai wartawan kabar satucom. Kami anggap sangat pemberani dan pengecut dalam menulis berita karena telah menfitnah atau mencemarkan nama baik dua oknum Wartawan Jurnal Sepernas Soppeng tanpa adanya hasil konfirmasi dan tidak mau bertanggung jawab dalam pemberitaan.

Berita yang di muat  tersebut  berbunyi, “dengan alasan kedua oknum wartawan tersebut memanfaatkan situasi dan mendatangi beberapa instansi di Soppeng untuk meminta sumbangan yang berkaitan dengan Hari Pers Nasional ( HPN ) dan apa bila ada Katanya instansi yang menemukan kedua oknum tersebut melakukan aksinya, tolong di laporkan ke pihak berwajib terdekat karena itu ilegal. Menurutnya” dan telah memposting foto kedua oknum wartawan Jurnal Sepernas baru dihapus kembali. ini merupakn suatu tindakan yang harus di pertanggungjawabkan dan memberikan klarifikasi terhadap media Sepernas.

Dengan adanya berita tersebut, RUSMIN selaku ketua DPC Sepernas Soppeng, lansung menghubungi semua anggotanya melalui via selulernya menegaskan, siapa yang selalu pergi minta sumbangan ke instansi dengan alasan Hari Pers Nasional (HPN) bikin malu, kami dari anggota menjawab wah, kami tidak pernah begitu kanda minta sumbangan (HPN),Kami hanya menawarkan iklan hari jadi Soppeng itupun berupa penawaran tidak di haruskan,begitu jawaban anggota media Sepernas Soppeng kepada Bapak Rusmin selaku kordinator Nasional.

RUSMIN mengatakan kalau untuk penawaran iklan hari jadi tidak apa-apa kita tawarkan ke semua instansi atau Kades dan kepala kantor lainya, karna kita juga sebagai wartawan atau Lembaga sosial kontrol dan bukan cuma kita yang menjalankan itu apa lagi media kita tidak pernah meminta bantuan dana dari Daerah sedangkan kita juga punya lembaga yang berdiri sendiri sama dengan yang lain ucapnya .Sedangkan lembaga yang mendapatkan anggaran di daerah menjalankan seperti itu apa lagi kita yang aktif juga dalam pemberitaan dalam bentuk cetak dan online ini kan tidak masalah,pungkasnya lagi.

Ketua DPC SEPERNAS Kab.Soppeng menegaskan bahwa kalau ada anggotanya berbuat seperti itu, atau melakukan tindakan di luar kode etik jurnalistik maka kami akan tindak tegas karena itu Perbuatan sangat memalukan apalagi menyangkut dengan HPN.

kita Harus datangi kantor PWI Soppeng untuk mencari tau dari mana sumber berita itu Jangan kita mau dianggap remeh kita harus menghargai Antara satu sama lainnya, Yang sangat disesalkan lagi adanya terbit berita di media sosial Anggota Wartawan yang diduga Berbuat Ilegal Mendatangi semua instansi dan kenapa tidak di konfirmasi, dulu apa lagi kita sama-sama wartawan apakah kita memang harus saling menjatuhkan untuk lebih jelasnya kita kordinasi dulu sama Pak  Rachmat, selaku ketua PWI Soppeng.

Setelah Tim Jurnal Sepernas bertemu dengan ketua PWI Soppeng Bapak  Fas Rachmat, beliau mengatakan, saya juga heran dengan adanya berita itu dinda, apa lagi kita sama-sama wartawan Makanya saya pasang fotoku di situ. Dan tidak ada nama oknum atau media yang saya pasang di situ karna sebenarnya anda juga dari lembaga Sepernas, sama dengan PWI, dan kalaupun Sepernas mau meminta partisipasi kepada instansi untuk HPN itu juga haknya sebagai lembaga karna kita Lembaga PERS ungkap Bapak Fas Rachmat.

Ditambahkan Bapak Fas Rachmat, kalau masalah pemberitaan yang di muat oleh kabar satu com. Kami akan memberitakan ulang dan memita maaf dengan adanya ke keliruan atau ke tidakbenaran berita tersebut. Dan mungkin saja ada pihak lain yang ingin melihat benturan antara Lembaga SEPERNAS dan PWI di Soppeng ini menurutnya.

kami berharap kepada semua media di lapangan tetap menjalankan tugas dan mengedepankan kode etik jurnalistik, kata Rusmin. sambil mengajak foto bareng dengan pengurus PWI Kab. Soppeng.

(Tim JS)